Kacang Mete: Manfaat bagi Kesehatan

Posted on

Kacang Mete (mente, mede): Manfaat bagi Kesehatan

kacang mete manfaat untuk kesehatanKacang biasanya digunakan sebagai ejekan makanan camilan tak sehat mirip dengan keripik kentang, tetapi dua studi yang meneliti asupan lebih dari 110.000 orang menetapkan bahwa mengkonsumsi kacang sebesar 5 oz. atau lebih, setiap minggu, dikaitkan dengan penurunan 35 sampai 50 persen dalam kejadian penyakit jantung dan kematian. Perlu di ingat bahwa memang makan kacang menyehatkan, kacang mengandung banyak kalori dan bisa menyebabkan obesitas (kegemukan) jika dimakan secara berlebihan. MayoClinic.com merekomendasikan menggunakan kacang sebagai pengganti makanan tinggi lemak jenuh (saturated fats), seperti daging, susu dan telur. 1 oz. kacang mete tanpa garam dan dipanggang memiliki sekitar 163 kalori.

Lemak Sehat
Se-ons kacang mete memiliki 20 persen dari lemak yang seharusnya Anda konsumsi dalam satu hari, tapi kacang mete tidak mengandung kolesterol, dan sebagian besar lemak yang sehat untuk jantung lemak tak jenuh tunggal. Ketika lemak tak jenuh tunggal menggantikan lemak jenuh dalam diet Anda, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, atau kadar kolesterol jahat. Diet penurunan kolesterol yang mengandung kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 9 sampai 20 persen, menurut Harvard Medical School Panduan Kesehatan Keluarga. Mengurangi kolesterol total dan LDL dapat membantu mencegah aterosklerosis, atau penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Seperti kacang lainnya, kacang mete juga merupakan sumber yang kaya Omega 3 asam lemak, yang mempromosikan kesehatan jantung dengan mencegah aritmia jantung.

Arginine
Arginine adalah asam amino nonesensial yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membuat dinding arteri lebih fleksibel dan kurang rentan terhadap penumpukan plak yang menyebabkan terosklerosis.

Vitamin dan Mineral
Kacang mete merupakan sumber yang sangat baik dari mineral, asupan kacang mete sebesar 1 oz. menyediakan 30 persen dari tembaga (copper), 20 persen dari magnesium, 10 persen seng (zinc) dan 10 persen dari mangan yang diperlukan setiap harinya. Kadar magnesium mete adalah sangat penting,
sebagai studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang di AS mengkonsumsi magnesium 20 sampai 30 persen lebih sedikit dari yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal. Magnesium membantu tubuh mempertahankan rasio sehat kalsium kalium, dan tingkat magnesium yang rendah dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Kacang mete juga mengandung 10 persen Vitamin E untuk kecukupan gizi harian yang direkomendasikan.

 

Incoming search terms:

  • manfaat kacang mete
  • manfaat kacang mede
  • kacang mede kolesterol
  • apakah kacang mede bikin asam urat
  • kacang mete asam urat
  • kacang mete penyebab kolesterol
  • kacangmede menyebabkan kegemukan
  • kandungan kacang mente
  • manfaat mente buat kesehatan
  • mente penyebab darah tinggi

Comments

  1. Tony

    Menarik sekali artikelnya, jadi tahu banyak tentang mente.

    Posted on March 29, 2013

Ingin berkomentar? Ketik pertanyaan atau solusimu disini